Powered By Blogger

Senin, 17 Desember 2012

Penerapan Permutasi & Kombinasi dalam Ilmu Komputer

Kombinasi adalah menggabungkan beberapa objek dari suatu grup tanpa memperhatikan urutan. Di dalam kombinasi, urutan tidak diperhatikan.
{1,2,3} adalah sama dengan {2,3,1} dan {3,1,2}.


Permutasi adalah menggabungkan beberapa objek dari suatu grup dengan memperhatikan urutan. Di dalam permutasi, urutan diperhatikan.

{1,2,3} tidak sama dengan {2,3,1} dan {3,1,2}

  
Matematika diskrit adalah cabang matematika yang membahas tentang segala sesuatu yang bersifat disktret.beberapa hal yang di bahas dalam matematika ini mencakup:teori himpunan,permutasi da kombinasi,relasi,fungsi,dan lain-lain.
Keterkaitan antara metematika dan ilmu komputer:
1.Matematika dapat mencari persamaan logika yang rasional yang dapat di terjemahkan ke dalam komputer melelui bahasa pemrograman.

2.Komputer dapat melakukan perhitungan logika rasional matematis secara cepat dan tepat.

 Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menghadapi masalah pengaturan suatu obyek yang terdiri dari beberapa unsur, baik yang disusun dengan mempertimbangkan urutan sesuai dengan posisi yang diinginkan maupun yang tidak. Misalnya menyusun kepanitiaan yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara dimana urutan untuk posisi tersebut dipertimbangkan atau memilih beberapa orang untuk mewakili sekelompok orang dalam mengikuti suatu kegiatan yang dalam hal ini urutan tidak menjadi pertimbangan. Dalam matematika, penyusunan obyek yang terdiri dari beberapa unsur dengan mempertimbangkan urutan disebut dengan permutasi, sedangkan yang tidak mempertimbangkan urutan disebut dengan kombinasi.
Adapun penerapannya pada ilmu komputer, Contoh penggunaanya adalah sebagai dasar operasi hitung dan pemrograman, mendukung perkembangan hardware dan software komputer.  juga dapat melakukan logika rasional matematis secara cepat dan tepat, mempermudah dalam pengerjaan dan pemahaman ilmu matematika , bahkan keduanya bisa saling membutuhkan.
Mengingat peranan matematika yang semakin besar dalam tahun-tahun mendatang. Tentunya dibutuhkan banyak ahli matematika yang berwawasan luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar